Mengubah Paradigma “Berlaku kepada Seseorang Seperti Apa Kita Ingin Diperlakukan”


Oleh. Arif Rahman Pradana


Sudah sekian lama saya beanggapan adil itu “Berlaku kepada seseorang seperti kita ingin diperlakukan”. Ternyata setelah saya jalani selama bertahun-tahun saya memperoleh sebuah hikmah atau pelajaran. Ketika kita memiliki anggapan demikian, otomatis dalam mindset kita, kita ingin juga diperlakukan demikian. 

Contohnya, bila saya menjadi dia saya akan siap sedia membatu, tapi kenpa dia tidak membantu saya? saya selalu ada ketika dia membutuhkan, tapi kenapa dia tidak pernah ada ketika saya membutuhkan? saya selalu melakukan apa yang dia inginkan, tapi kenapa dia tidak melakukan seperti apa yang saya inginkan? Akibatnya akan sakit hati.

Maka prinsip baru yang saya dapatkan dari pelajaran tersebut adalah “Lakukanlah yang terbaik dan selalu siap menerima yang terburuk” bila kita memiliki prinsip ini, hidup kita akan menjadi lebih damai.  Karena kita tidak akan berharap telalu banyak kepada orang. Dan dengan senang hati memberi yang terbaik.:)

0 komentar: