Bila mereka boleh memiliki Nuklir, kenapa Iran tidak

Oleh. Arif Rahman Pradana


Berbagai cara dilakukan Amerika dan Israel untuk menghentikan program nuklir Iran. Dimulai dari pemberlakuan larangan impor minyak Iran 31 Desember 2012 AS dan 23 Januari 2012 UE, pembekuan aset bank sentral Iran Senin 6 Februari 2012, juga melakukan pembunuhan terhadap Ilmuan nuklir Iran seperti yang terjadi 11 Januari 2012 di Teheran.
Tentang Nuklir
Setiap negara sebaiknya memiliki hak untuk mengembangkan teknologi nuklir (bukan senjata) untuk kemaslahatan. Seperti halnya Jepang dan puluhan negara lain semestinya Iran memiliki hak yang sama tentang kepemilikan teknologi nuklir dengan tujuan damai.


Status energi nuklir secara global:██ Mengoperasikan reaktor, sedang membangun reaktor baru██ Mengoperasikan reaktor, berencana membangun baru██ Tidak mempunyai reaktor, sedang membangun reaktor baru██ Tidak mempunyai reaktor, berencana membangun baru██ Mengoperasikan reaktor, berencana tetap mengoperasikan██ Mengoperasikan reaktor, berencana menutup reaktor██ Energi nuklir untuk penduduk sipil adalah ilegal██ Tidak mengoperasikan reaktor


Tentang Senjata Nuklir

Bisa dibilang negara yang memiliki senjata nuklir adalah negara-negara yang PENGECUT. Karena tidak berani perang berhadapan langsung. Dan penggunaan senjata nuklir adalah pelanggaran HAM besar karena dalam pelaksanaannya senjata nuklir dapat menghancurkan semua, bahkan anak-anak, perempuan, dan semua ekosistem yang berada dalam jangkauan bom tersebut. Dalam serangan Hirosihma dan Nagasaki yang menewaskan 220.000 manusia Presiden AS saat itu Harry S. Truman yang bertanggung jawab sepenuhnya atas kebijakan itu seharusnya di kategorikan sebagai penjahat perang.





sumber : Wikipedia.com dan republika.co.id

0 komentar: